Pages

Minggu, 24 Oktober 2010

Corporate Social Responsibility ( CSR )

Corporate Social Responbility ( CSR )

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan saat ini telah menjadi konsep yang kerap kita dengar, walau definisinya sendiri masih menjadi perdebatan di antara para praktisi maupun akademisi. Sebagai sebuah konsep yang berasal dari luar, tantangan utamanya memang adalah memberikan pemaknaan yang sesuai dengan konteks Indonesia.

Tujuannya adalah agar semua pihak dapat beranjak dari pemahaman yang memadai ketika berbicara tentang CSR, yaitu sebagai suatu wahana yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan pemahaman yang demikian, CSR tidak akan disalahgunakan hanya sebagai marketing gimmick untuk melakukan corporate greenwash atau pengelabuan citra perusahaan belaka.

Penerapan CSR oleh Indosat.

Sebagai bentuk komitmen Indosat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyrakat , indosat telah melaksanakan berbagai program yang kami harapkan dapat meningkatkan kehidupan masyrakat indonesia untuk menjadi lebih baik.
Corporate Social Responsibility yang di lakukan tidak terbatas hanya pada pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat pada umumnya , namun juga menyangkut tata kelola perusahaan yang baik ( Good Corporate Goverment ). Kepeduliaan terhadap pelanggan , pengembangan sumber daya manusia , mengembangkan Green Environment serta memberikan dukungan dalam pengembangan komunitas dan lingkungan sosial. Setiap fungsi yang ada , saling melengkapi tercapainya CSR yang mampu memenuhi tujuan indosat dalam menerapkan ISO 26000 di perusahaan.

Penerapan CSR indosat mencangkup 5 inisiatif , yang dilakukan secara berkesinambungan yaitu :

Organizational Governance
Penerapan tata kelola perusahaan terbaik termasuk mematuhi regulasi dan ketentuan yang berlaku berlandaskan 5 prinsip : transparansi , akuntabilitas , pertanggungjawaban, interpendensi , dan kesetaraan.

Consumer Issues
Menyediakan dan mengembangkan produk dan jasa telekomunikasi yang memberikan manfaat luas bagi pemakainya,layanan yang transparan dan terpercaya.

Labor Practices
Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan serta mengembangkan sistem, organisasi dan fasilitas pendukung sehinnga memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi perusahaan.

Environment
Mengembangkan budaya peduli lingkungan termasuk upaya – upaya yang nyata untuk mengurangi pendanaan emisi karbon dalam kegiatan perusahaan.

Community Involvement
Ikut mengembangkan kualitas hidup komunitas dalam hal kualitas pendidikan sekolah dan olahraga , kualitas kesehatan , serta ikut dalam mendukung kegiatan sosial komunitas termasuk bantuan saat bencana / musibah.

CSR Goal Indosat
Bertumbuh , mematuhi ketentuan dan regulasi yang berlaku serta kepedulian kepada masyarakat.

Proogram CSR di tahun 2008 memiliki tema khusus “ indosat cinta indonesia” yang kemudian pada tahun 2009, tema CSR indosat berkembang menjadi “satukan Cinta negeri” sebagai bentuk refleksi komitmen dan tanggung jawab indosat sebagai perusahaan di indonesia yang peduli atas kesejahteraan masyarakat dan lingkungan , serta upayanya untuk senantiasa berkarya, memberikan manfaat ,serta mengajak peran serta seluruh stakeholder untuk mewujudkan bangsa indonesia yang lebih baik, yang merupakan terjemahan dari keinginan masyarakat pada umumnya untuk terlibat secara aktif dalam berbagai program sosial indosat.

Program indosat “satukan cinta negeri” adalah :

Indonesia Belajar
Melalui program indonesia belajar,inosat ingin turut membangun generasi cerdas yang kita cita – citakan.Melalui penyediaan multimedia bagi sekolah , kompetisi inovasi , program beasiswa , pelatihan bagi guru serta aktivitas pendidikan lainnya.

Indonesia sehat
Program indonesia sehat diwujudkan dalam bentuk mobil klinik sehat keliling (mobil klinik yang telah diluncurkan sejak tahun 2007.Saat ini telah tersedia 16 mobil klinik yang menyediakn layanan kesehatan bagi ibu , anak, dan masyarakat pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar